Tips Mencari Rumah Anti Banjir di Jakarta

Sedang cari rumah terbaik di Jakarta? Langsung saja gunakan tips mencari rumah anti banjir berikut ini. Seperti yang kita tahu bahwa Jakarta merupakan surganya properti. Kamu bisa menemukan banyak sekali perumahan, pertokoan hingga pusat bisnis lain.

Sayangnya, DKI Jakarta juga rawan banjir yang disebabkan karena posisi tanahnya yang agak rendah dari lautan. Tapi tenang saja, karena ada tips terbaik agar kamu bisa terhindar dari banjir jika mencari rumah di Jakarta.

Tentu saja tujuannua agar terbebas dari banjir. Bagaimana cara untuk memilih rumah agar terhindar dari banjir? Bagi yang penasaran bisa langsung ikuti berikut ini.

Hindari Wilayah Yang Berdekatan Dengan Sungai

Perumahan Dekat Kali Ciliwung Rawan Banjir Jakarta
Perumahan Dekat Kali Ciliwung Rawan Banjir Jakarta

Langkah  awal, kamu bisa mencari tahu lokasi rawan banjir di Jakarta lewat berbagai media, baik itu online maupun offline. Atau juga bisa mengecek lokasinya dengan menanyakannya langsung kepada saudara yang sudah lama tinggal di Jakarta.

Bagi yang ingin menghindari banjir, usahakan jangan memilih hunian di perumahan yang berdekatan dengan sungai besar. Karena untuk mengantisipasi jika tanggulnya jebol. Hindari juga kawasan rumah yang berdekatan dengan danau, bendungan dan tanggul.

Cek Ketinggian Tanahnya

Jangan hanya fokus dengan rumah yang dekat dengan sungai saja, kamu juga perlu memperhatikan ketinggian tanah di kawasan tadi. Hindari rumah yang punya lokasi lebih rendah dari hunian sekitar.

Terlebih jika perumahan tersebut dibangun di bekas  air pembuangan. Belum lagi hindari lahan yang di bagian belakangnya adalah tebing. Karena bisa saja sewaktu-waktu berpotensi longsor ketika musim hujan.

Cek Bagaimana Kondisi Lingkungan Perumahan

Penyebab banjir selanjutnya adalah lemahnya pelaksanaan analisis pada dampak lingkungan di sekitar lingkungan perumahan. Tak mengherankan jika setiap tahun banjir terjadi ketika musim hujan.

Agar terhindar dari dampak lingkungan yang buruk, hindari membeli rumah di wilayah yang berdekatan dengan resapan air. Karena biasanya resapan air jadi tidak berfungsi maksimal saat di atasnya berdiri sebuah bangunan.

Cek Bagaimana Kondisi Rumah

Agar terhindar dari rumah bebas banjir, perlu juga mengecek kondisi rumah yang dibangun. Terlebih jika kamu membeli rumah bekas. Ketika sedang survei rumah, perhatikan di bagian dindingnya.

Apakah di bagian tersebut ada bekas genangan air atau tidak. Mengecek bagian ini memang cukup tricky. Karena penjual rumah bisa saja menutupi bagian ini dengan mengecat ataupun merenovasi rumah agar dinding tidak terlihat buruk.

Tapi kamu bisa mengambil trik cerdas. Lihat bagaimana kondisi dinding di rumah sekitarnya. Karena biasanya rumah yang sering mengalami banjir selalu ada bekas air di dindingnya.

Sumber: 5 Perumahan Mewah di Jakarta

Leave a Comment