Tips Memesan Obat Secara Online Lewat Aplikasi

Pesan obat sekarang bisa dilakukan dengan online. Jadi, kamu tak perlu pergi ke toko obat atau apotek lagi. Cukup download aplikasi kesehatan yang sudah banyak tersedia di internet dan beli atau pesan obat lewat aplikasi.

Tentunya lebih praktis dan bisa dilakukan di mana saja. Bagi yang tertarik ingin pesan obat via aplikasi, ada beberapa tips yang harus diperhatikan. Tentu saja agar obat yang kamu dapatkan sesuai dengan yang diharapkan. 

Tips Memesan Obat Via Online Lewat Aplikasi

Pilih Obat Secara Online Lewat Aplikasi Hp
Pilih Obat Secara Online Lewat Aplikasi Hp

Karena berhubungan dengan kesehatan, tentunya kamu harus tahu tips memesan obat secara online. Bagi yang belum tahu, gunakan beberapa tips berikut:

  1. Perhatikan kemasan obat yang digunakan

Bagi yang ingin membeli obat via aplikasi kesehatan jangan lupa untuk mengecek bentuk kemasan obatnya. Pastikan memesan obat dari kemasan yang masih tersegel.

Tujuannya agar obat tersebut aman dan belum digunakan oleh pengguna lain. Jika ternyata kemasannya buruk, biasanya kamu juga bisa klaim return. Tentunya tanpa ada tambahan biaya return lagi.

  1. Obat harus sudah mendapat izin dari BPOM

Bagi yang membeli obat via online melalui aplikasi kesehatan, jangan lupa untuk mengecek keamanan obat tersebut. Caranya dengan mengecek izin pengedaran obat melalui BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan).

Biasanya, obat yang terpercaya selalu dilengkapi dengan izin BPOM. Tujuannya tentu demi keamanan para penggunanya saat menggunakan obat tadi. Hindari obat yang belum memiliki izin BPOM karena biasanya belum ada penelitian lebih jauh tentang obat tadi.

Di aplikasi, bisanya izin BPOM obat sudah dicantumkan. Sehingga, kamu tidak perlu mencari informasi tambahan di internet lagi. Manfaatkan saja informasi yang ada di aplikasi dengan baik.

Tapi untuk memastikan ada atau tidaknya izin BPOM, tak ada masalah jika cari informasi obat di website resmi BPOM.

  1. Bandingkan Harga

Sebelum membeli obat online. ada baiknya mengecek harga sekaligus membandingkannya juga terlebih dahulu. Jika harga obat yang dijual di aplikasi ternyata sangat murah dibanding harga di pasaran, jangan langsung membelinya.

Karena biasanya obat yang dijual secara online dengan di apotek tidak terpaut terlalu jauh. Bisa saja obat tersebut adalah imitasi sehingga otomatis tidak aman untuk kesehatan. 

  1. Cek Dokter Yang Bekerjasama

Sebelum beli obat di aplikasi, kamu juga harus memperhatikan dokter yang bekerjasama dengan aplikasi tersebut. Jika dokternya berkualitas dan berpengalaman serta bersertifikasi, tentunya aplikasi benar-benar bagus.

Begitu juga sebaliknya. Karena biasanya dokter yang berkompeten selalu terhubung dengan aplikasi yang terpercaya. Otomatis obat yang diberikan juga bagus dan tidak sembarang obat diberikan.

Sekarang kamu sudah bisa memesan obat secara online sesuai kebutuhan. Untuk memastikan keamanan aplikasi, jangan lupa cek website resmi aplikasinya juga. Cari tahu lebih lanjut tentang aplikasi agar obat dan layanan yang diberikan sesuai dengan yang kamu inginkan.

Referensi terkait: https://sarscoviki.app.vanderbilt.edu/wiki/Jaringan_Apotek_Terbesar_di_Indonesia

Leave a Comment