Cara Login WA Web di Android dan iPhone Resmi dari WhatsApp.com

Aplikasi WhatsApp menjadi tren dari dulu hingga sekarang, karena fitur yang dimilikinya WhatsApp tidak hanya menyediakan cara berkomunikasi dengan mudah, melainkan juga tersedia fitur lain yang bisa dimanfaatkan oleh para penggunanya.

Akhir-akhir ini ada beberapa cara untuk melakukan login WhatsApp web dengan berbagai cara. Kemunculan dari WhatsApp web ini sangat membantu bagi Anda yang jarang memegang HP, namun seringkali berhadapan dengan komputer.

Cara Login Whatsapp Web (WA Web) Terbaru

wa web login
wa web login
WhatsApp tidak hanya terkenal dari segi fiturnya yang menyenangkan dan lengkap, melainkan juga tergolong sebagai aplikasi yang fleksibel karena bisa diakses melalui beberapa perangkat. Contohnya melalui laptop atau komputer.

Ada beberapa cara yang dilakukan untuk melakukan wa web login melalui laptop di antaranya:

1. Melalui Laptop atau PC

  1. Pada langkah pertama Anda bisa memilih browser dimana Anda ingin membuka Whatsapp tersebut.
  2. Pastikan bahwa browser tersebut sudah terinstal di laptop atau di komputer.
  3. Masuklah ke bagian halaman web.whatsapp.com dan tampilan layar akan menunjukkan gambar kode QR. Pastikan alamat yang tertera adalah https://web.whatsapp.com/
  4. Anda pun bisa secara langsung memindainya. Jika kode QR tidak muncul atau wa web tidak bisa dibuka, kamu dapat mengklik tombol reload agar kode QR kembali muncul
    klik untuk menampilkan ulang kode qr
    klik untuk menampilkan ulang kode qr
  5. Centang opsi Keep me signed in jika ingin membuka WhatsApp web kembali tanpa harus scan QR code 
  6. Segera scan QR kode tersebut di aplikasi WA ponsel kamu, caranya dengan membuka aplikasi WhatsApp yang ada di ponsel.
  7. Jika sudah, klik tiga titik yang ada di kanan pojok atas.
  8. Setelah itu, pilih WhatsApp web.
    tips login wa web di android dan iphone
    tips login wa web di android dan iphone
  9. Anda dapat scan kode QR atau pindai.
  10. Setelah itu, tunggulah beberapa saat hingga tampilan Whatsapp yang ada di komputer atau di laptop menunjukkan tampilan Whatsapp yang sama seperti ponsel.
  11. Sebelumnya pastikan terlebih dahulu bahwa kedua perangkat yang sudah Anda gunakan tersebut terhubung ke jaringan yang stabil, baik itu komputer atau laptop maupun ponsel. Jika salah satunya berada dalam kondisi offline, maka untuk proses login akan mengalami kegagalan.

2. Melalui HP

Selain melalui komputer atau laptop ternyata Anda juga masih bisa melakukan login ke WhatsApp web dengan cara melalui HP. Untuk aplikasi resmi dari WhatsApp itu sendiri sudah menyediakan WhatsApp web yang bisa dimanfaatkan bagi pengguna.

Terutama bagi pengguna yang mempunyai dua akun, namun hanya ingin mengakses satu perangkat saja. Untuk langkah login WhatsApp web melalui ponsel tidak berbeda jauh dari langkah yang pertama. Untuk caranya, seperti berikut:

  • Anda dapat membuka Browser yang ada di ponsel. Sangat disarankan bagi Anda agar bisa menggunakan Browser dengan kecepatan stabil seperti Google Chrome. Selain lebih cepat browser ini pun juga lebih ringan.
  • Jika sudah, carilah tiga titik yang ada di pojok atas kanan.
  • Scroll ke bawah hingga menemukan menu desktop site maupun situs desktop.
    centang opsi desktop site di pengaturan browser
    centang opsi desktop site di pengaturan browser
  • Setelah itu, klik atau tandai bagian kotak yang ada di sampingnya.
  • Selanjutnya tampilan dari Google Chrome secara otomatis akan berubah seperti tampilan di komputer atau laptop.
  • Anda bisa secara langsung masuk ke situs web WhatsApp web.
  • Silahkan ambil ponsel yang lain dan terdapat aplikasi WhatsApp maupun akun yang ingin Anda akses ke WhatsApp web.
  • Selanjutnya scan QR kode maupun kode QR dengan cara menggunakan ponsel yang sudah diatur untuk WhatsApp web.
  • Tunggulah sampai proses loading berhasil.
  • Untuk saat ini Anda sudah dapat menggunakan 2 akun Whatsapp sekaligus di satu perangkat yang sama.

Cara Keluar dari Whatsapp Web

Pada saat melakukan login ke WhatsApp web menggunakan perangkat lain, maka hal yang perlu dikhawatirkan yaitu perihal privasi. Terlebih lagi jika aplikasi tersebut berisi segala aktivitas yang sifatnya pribadi, seperti chat, kontak, dokumen personal atau yang lainnya.

Jika sekiranya WhatsApp web kurang aman bagi privasi Anda, maka bisa melakukan logout. Untuk caranya sangatlah mudah silahkan mengikuti cara berikut:

  • Silahkan buka aplikasi WhatsApp yang sudah terpasang di smartphone.
  • Setelah itu, carilah menu tiga titik yang ada di pojok atas kanan.
  • Selanjutnya cari menu logout from all device.
  • Setelah itu, akan secara otomatis akun dari WhatsApp yang ada di perangkat lain keluar dengan sendirinya.
    cara log out whatsapp web
    cara log out whatsapp web

Kelemahan Whatsapp Web jika Tidak Bisa Dibuka

Whatsapp Web memang banyak memberikan kemudahan bagi para penggunanya. Namun ternyata WhatsApp web juga mempunyai titik kelemahan yang sebaiknya Anda ketahui, agar bisa dijadikan sebagai pertimbangan sebelum menggunakannya.

Oleh karena itu, jangan hanya melihat dari segi kegunaan dan manfaatnya saja, melainkan tetap ketahui di mana kelemahan atau kekurangan jika menggunakan aplikasi WhatsApp web, karena hal tersebut kadang menyebabkan whatsapp web tidak bisa dibuka. Untuk lebih jelasnya berikut ini penjelasannya:

1. Membutuhkan Internet yang Stabil

Kelemahan pertama yaitu jika ingin menggunakan WhatsApp web harus bisa memastikan bahwa jaringan internet berjalan dengan stabil dan lancar. Apabila tidak berjalan dengan stabil, maka otomatis WhatsApp web tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya.

Bahkan membuat kegiatan chatting akan terganggu karena pesan tidak bisa masuk ke WhatsApp web. Pertimbangkan kelemahan pertama ini sebelum menggunakannya.

2. Handphone Harus Terus Terhubung

Walaupun Anda bisa memantau isi pesan melalui WhatsApp web, namun jika Anda tidak berdekatan dengan handphone maka hal ini bisa menjadi permasalahannya. Di sinilah titik kelemahan yang membuat para pengguna merasa kesal jika sedang berjauhan dengan HP, karena tidak bisa mengakses WhatsApp web.

3. Boros Baterai

Kelihatannya memang Anda bisa berkomunikasi dan melakukan chatting melalui WhatsApp web. Namun WA web tetap terkoneksi dengan ponsel. Hal inilah yang membuat smartphone menjadi cepat panas dan baterainya pun lebih boros.

Sehingga walaupun Anda tidak menyentuh dan tidak menggunakan smartphone secara langsung, namun jangan heran apabila baterai lebih cepat habis.

Ternyata WA web tidak dapat melakukan pencadangan data atau melakukan backup. Jika sekiranya WhatsApp menjadi aplikasi yang penting saat melakukan chatting, maka hal ini sangat merugikan bagi Anda karena tidak bisa melakukan penyimpanan dari isian chatting yang ada di WhatsApp.

Sumber referensi:

Leave a Comment