Cara Lock WhatsApp agar Sulit Diintip Orang yang Tidak Bertanggungjawab

Whatsapp adalah aplikasi yang sangat penting bagi setiap orang, Karena di sini tersimpan semua chat dan history panggilan baik suara maupun video. Penting untuk menjaga kerahasiaan data-data di dalamnya agar privasi setiap orang terjaga. Namun, terkadang ada saja orang iseng yang ingin menyadap WA kita.

Menyadap WA baik secara langsung maupun menggunakan teknologi memang tidak dibenarkan. Namun, hal ini sulit dihindari apalagi kalau seseorang sedang memegang hp Anda. Untuk itu, di sini akan kami bagikan sebuah tips untuk mengunci WA agar tidak disadap orang lain.

Cara Mengunci Aplikasi Whatsapp Agar Tidak Disadap Orang Lain

cara mengunci aplikasi whatsapp
cara mengunci aplikasi whatsapp

1. Menggunakan Fitur di Whatsapp

Sebagai salah satu aplikasi chatting terbaik, Whatsapp tentunya memiliki tingkat keamanan yang cukup baik pula. Di sini Anda bisa menggunakan fitur keamanan yang bisa mencegah penyadapan yang dilakukan orang lain. Fitur ini dinamakan fitur two – step – verification.

Cara mengaktifkannya adalah:

  • Pertama buka aplikasi Whatsapp di smartphone Anda
  • Jika sudah, klik ikon tiga titik di bagian kanan atas layar
  • Setelah itu, pilih opsi Settings atau pengaturan
  • Di menu pengaturan pilih Account
  • Pilih opsi Two step verification.
    aktivasi verfikasi dua langkah di wa
    aktivasi verfikasi dua langkah di wa
  • Klik enable untuk mengaktifkan fitur ini

Dengan mengaktifkan fitur two step verification ini, orang yang akan masuk ke Whatsapp Anda harus melakukan verifikasi dengan menggunakan 6 digit angka yang sudah Anda daftarkan sebelumnya. Dimana 6 digit angka ini hanya bisa diakses melalui email Anda.

Cara ini sangat ampuh untuk mencegah orang lain login menggunakan Whatsapp Anda menggunakan smartphone lain. Jadi, sangat efektif dalam mencegah penyadapan yang dilakukan secara sistematik.

2. Menggunakan Aplikasi Whatslock

whatslock whatsapp chat locker
whatslock whatsapp chat locker

Fitur keamanan dari Whatsapp di atas hanya akan mencegah orang lain masuk ke Whatsapp Anda menggunakan smartphone lain, namun tidak bisa mencegah orang lain melihat Whatsapp di smartphone Anda sendiri.

Untuk mencegah hal itu, Anda bisa menggunakan aplikasi tambahan bernama Whatslock untuk sistem keamanan tambahan. Aplikasi ini memiliki fitur yang cukup canggih. Anda bisa menyembunyikan folder gambar dari WA, ikon aplikasi, dengan proteksi kata kunci yang Anda atur sendiri.

Akan tetapi, canggihnya fitur keamanan yang dimiliki oleh aplikasi ini tidak bisa dinikmati secara gratis. Anda harus membayar harga 139 ribu rupiah untuk bisa menggunakannya dengan bebas.

3. Menggunakan Aplikasi Chatlock+

aplikasi messenger and chatlock plus
aplikasi messenger and chatlock plus

Jika Anda tidak memiliki budget lebih untuk mengamankan Whatsapp, mungkin aplikasi bernama Chatlock+ ini bisa menjadi solusi. Ya, aplikasi ini bisa digunakan secara gratis. Chatlock+ bisa mengunci aplikasi Whatsapp agar tidak bisa dibuka orang lain.

Anda bisa menerapkan kunci pola sebelum membuka Whatsapp, sehingga hanya Anda yang bisa membuka aplikasi chatting tersebut.

Menariknya, Anda tidak hanya bisa menerapkan fitur keamanan ini pada Whatsapp saja, melainkan Anda bisa menggunakannya juga untuk aplikasi lain seperti Twitter, Instagram, Facebook, dan lain-lain agar orang lain tidak bisa membuka aplikasi yang diproteksi.

Aplikasi ini juga memiliki fitur untuk mengatur berapa lama sebuah aplikasi akan diproteksi. Jadi, Anda tidak perlu khawatir misal ingin melindungi aplikasi untuk beberapa waktu saja.

4. Logout dari Whatsapp Web

cara logout wa web dari aplikasi whatsapp
cara logout wa web dari aplikasi whatsapp

Whatsapp web yang belum dilogout dari PC orang lain sangat rawan disadap oleh orang tersebut. Oleh karena itu, pastikan Anda selalu mengeluarkan Whatsapp dari WA web setelah menggunakannya agar tidak ada orang yang memiliki akses ke wa Anda.

Sangat penting untuk memperhatikan privasi di dalam Whatsapp. Pasalnya, pada aplikasi ini tersimpan data-data yang sangat penting seperti chatting dan media yang dikirim serta diterima dari orang lain.

Sumber referensi:

Leave a Comment