Cara Cetak Sertifikat Vaksin, Masalah Vaksin Tidak Muncul, dan Isi EHAC di Aplikasi PeduliLindungi

PeduliLindungi sudah menjadi syarat untuk masuk dan mengakses fasilitas dan layanan umum yang ada di Indonesia. Tidak heran, sudah banyak masyarakat Indonesia yang menggunakannya.

 

Anda ingin cek apakah sertifikat vaksin sudah jadi? Juga bisa mengeceknya dengan aplikasi PeduliLindungi. Cara cek sertifikat vaksin di aplikasi PeduliLindungi sangat mudah, namun sebelumnya Anda harus tahu fitur dan manfaat aplikasi PeduliLindungi terlebih dahulu.

Cek PeduliLindungi Sertifikat Vaksin 1 dan 2
Cek PeduliLindungi Sertifikat Vaksin 1 dan 2

Cara Cek Sertifikat Vaksin dengan PeduliLindungi

Seperti yang akan kami bahas di artikel ini, PeduliLindungi bisa Anda gunakan untuk cek maupun unduh sertifikat vaksin. Sertifikat vaksin dibutuhkan jika Anda ingin pergi ke suatu tempat yang mengharuskan vaksin.

 

Cara cek dan download sertifikat vaksin di PeduliLindungi mudah, berikut bisa dicek langkah-langkahnya:

 

  1. Pertama, Anda harus download aplikasi PeduliLindungi di Google Play.
    aplikasi epdulilindungi official di play store
    aplikasi epdulilindungi official di play store
  2. Selanjutnya buka aplikasi dan klik Register untuk daftar. Anda bisa daftar menggunakan alamat email atau nomor telepon.
  3. Jika sudah memiliki akun PeduliLindungi, Anda bisa klik Login.
  4. Selanjutnya masukkan data diri Anda, seperti nama lengkap, NIK dan nomor HP.
  5. Kemudian cek kode verifikasi yang akan dikirimkan lewat SMS.
  6. Masukkan kode verifikasi yang Anda terima di kolom yang tersedia.
  7. Selanjutnya klik nama Anda di sudut kanan atas.
    menu cetak sertifikat vaksin
    menu cetak sertifikat vaksin
  8. Lalu klik Sertifikat Vaksin.
  9. Jika sertifikat Anda sudah jadi, maka akan ditampilkan.
    cara download sertifikat vaksin 1 dan 2 di pedulilindungi
    cara download sertifikat vaksin 1 dan 2 di pedulilindungi
  10. Terakhir Download sertifikat vaksin.
  11. Selesai.
 

Nanti, sertifikat vaksin tersebut bisa Anda tunjukkan kepada siapa pun yang membutuhkan bukti jika Anda sudah divaksin.

Solusi Jika Sertifikat Vaksin tidak Muncul di PeduliLindungi

Adakalanya, saat kamu sudah mendapatkan vaksinasi Covid-19 baik dari program pemerintah maupun swasta status sertifikat vaksin kamu tidak atau belum muncul. 

#1 Cek Status Vaksin Covid-19 tanpa Aplikasi

Solusinya, kamu dapat mengecek lewat situs Pedulilindungi tanpa install aplikasi. Berikut cara cepatnya:
 
  1. Buka situs https://www.pedulilindungi.id/
    cek status vaksin di pedulilindungi
    cek status vaksin di pedulilindungi

     

  2. Masukkan nama lengkap serta NIK (Nomor KTP) pada kolom yang tersedia
  3. Klik tombol verifikasi Captcha
  4. Ketuk tombol “Periksa
    status dan hasil cek sertifikat vaksin di pedulilindungi
    status dan hasil cek sertifikat vaksin di pedulilindungi
  5. Jika muncul status “Sudah vaksin kedua” maka sertifikat vaksin kamu sudah siap diunduh lewat aplikasi Peduli Lindungi

#2 Solusi sertifikat vaksin tidak muncul via email

Jika lewat cara diatas status vaksin 1 ataupun2 tidak muncul padahal kamu sudah menerima vaksin tersebut, kamu perlu mengajukan keluhan secara langsung ke tim Kemenkes lewat Peduli Lindungi. berikut langkah-langkahnya:
 
  1. Kirim email ke alamat sertifikat@pedulilindungi.id
  2. Masukkan judul/subjek pesan “Sertifikat Vaksin Tidak Muncul
    template email laporan sertifikat vaksin tidak muncul
    template email laporan sertifikat vaksin tidak muncul
  3. Sampaikan keluhan bahwa sertifikat kamu tidak muncul dengan memberikan detil informasi berikut ini: nama sesuai KTP, NIK, tempat tanggal lahir, dan nomor ponsel.
  4. Attach dokumen berupa kartu vaksin yang kamu terima saat divaksin
  5. Jangan lupa sertakan swafoto sambil memegang KTP dengan tulisan dan wajah terlihat dengan jelas. 
  6. Kirim email tersebut dan tunggu konfirmasi dari tim PeduliLindungi
 
Selesai, dengan mengikuti langkah-langkah diatas, sertifikat vaksin tidak muncul berhasil terselesaikan dalam beberapa hari kerja.

Manfaat Aplikasi Peduli Lindungi

Aplikasi ini yang dikembangkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi, yang memiliki manfaat untuk membantu melacak dan menghentikan penyebaran Covid-19.

 

Aplikasi bisa Anda dapatkan gratis dari Google Play. Sementara ini, telah ada 10 juta masyarakat Indonesia yang menggunakan aplikasi PeduliLindungi.

 

Angka tersebut termasuk jauh dari harapan Pemerintah Indonesia, mengingat jumlah WNI yang mencapai 273,4 juta.

 

Memang, semua masyarakat diharapkan menggunakan aplikasi ini demi agar bisa menang melawan pandemi Covid-19. PeduliLindungi akan membuat masyarakat aktif dan partisipatif dalam membantu pemerintah.

 

Agar Anda lebih paham tentang aplikasi PeduliLindungi, bisa membaca manfaat-manfaatnya di bawah ini:

1. Memberi Informasi Terkait dengan Zonasi

Ketika Anda melakukan perjalanan ke sebuah kota, harus cek terlebih dahulu status dari kota tersebut. Hal ini bisa Anda lakukan dengan mudah jika menggunakan aplikasi PeduliLindungi.

 

Pasalnya, aplikasi akan langsung memberitahu Anda ketika pertama kali masuk ke zona. Zona sendiri dibagi menjadi 4, yaitu zona merah, oranye, kuning dan hijau.

 

Zona tersebut ditentukan oleh KPCPEN, atau Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional. Jadi dapat dipastikan keabsahannya.

 

Berkat aplikasi ini, Anda akan lebih aware ketika masuk ke zona merah atau oranye misalnya. Sebaliknya, ketika masuk ke zona hijau, Anda bisa lebih santai. Namun tetap harus menerapkan protokol kesehatan.

2. Contact Tracing

Menggunakan aplikasi terbaru satu ini juga bisa mengoptimalkan tingkat keamanan pengguna. Fitur contact tracing akan menyuguhkan notifikasi misal pengguna sempat bersinggungan dengan terduga pengidap Covid-19.

 

Nah, setelah menerima notifikasi dari PeduliLindungi, diharapkan pengguna melakukan protokol kesehatan seperti yang dianjurkan pemerintah.

 

Setelah menerima notifikasi, Anda bisa isolasi mandiri di rumah selama kurang lebih 2 minggu. Dengan begini mata rantai penyebaran Covid berhasil dihentikan.

 

Begitu pula jika Anda didiagnosis positif Covid-19, PeduliLindungi akan meminta contact tracing Anda selama 14 hari terakhir.

 

Nantinya orang yang pernah kontak dengan Anda akan menerima notifikasi untuk melakukan isolasi mandiri. Jika ada gejala darurat, bisa langsung menghubungi Satgas Covid setempat.

3. Menampilkan Statistik Kasus Covid-19

Dengan PeduliLindungi, Anda juga bisa mengakses statis kasus Covid-19 yang berada di sekitar lokasi Anda. Jadi Anda bisa tahu dengan jelas apakah tempat tersebut benar-benar rawan atau tidak.

 

Pastinya, semua data yang masuk memiliki akurasi yang bagus, meskipun tidak 100%. Namun, apa pun statistiknya, Anda harus tetap waspada dan selalu menerapkan protokol kesehatan.

 

Statistik kasus Covid-19 di PeduliLindungi terdiri dari kasus positif, kasus meninggal dan kasus sembuh. Ada juga track record dari lokasi tersebut, apakah sedang naik atau turun.

4. Memberitahu Pengguna di Keramaian

PeduliLindungi juga akan memberitahu Anda jika sedang berada di keramaian. Hal ini penting sebagai pengingat agar Anda selalu waspada dan menjaga jarak dengan orang lain.

 

Jika bisa, segera mungkin berusaha untuk meninggalkan tempat tersebut. Semakin lama Anda berada di keramaian, apalagi tempat tertutup, semakin besar peluang Anda untuk tertular Covid-19.

 

Tapi, jika memang tidak penting-penting amat, usahakan untuk menghindari keramaian. Jika untuk urusan remeh seperti belanja, nongkrong dan semacamnya, bisa Anda lakukan dengan mudah dari rumah.

5. Paspor Digital

Sekarang ini, pergi ke mana-mana tidak hanya membutuhkan tiket, paspor dan semacamnya, namun juga sertifikat vaksin dan tes Covid-19. Tanpa keduanya, Anda tidak bisa masuk atau mengakses fasilitas umum.

 

PeduliLindungi bisa menjadi paspor digital, yang bisa Anda tunjukkan ke petugas jika membutuhkan. Semuanya valid karena berasal dari laboratorium yang bekerja sama dengan terafiliasi dengan pemerintah.

 

Jika butuh, Anda juga bisa mengunduh sertifikat vaksin dari PeduliLindungi. Jika Anda sudah divaksin, bisa menggunakan PeduliLindungi untuk cek apakah sertifikatnya sudah muncul atau belum.

6. Pendaftaran Vaksin

Jika ada pendaftaran vaksin yang dibuka oleh pemerintah, PeduliLindungi akan memberikan notifikasi kepada Anda. Jadi Anda bisa daftar dengan cepat dan tidak kedahuluan orang lain.

 

Aplikasi terbaru satu ini juga memudahkan pengguna dengan fitur akses secara online. Caranya juga mudah, siapkan saja data diri yang dibutuhkan seperti foto KTP dan semacamnya.

 

Vaksin memang tidak akan menghindarkan Anda dari Covid-19, namun bisa meminimalisir gejala jika Anda tertular. Karena itu, jika ada kesempatan segera daftarkan diri Anda.

7. Diari Perjalanan

Ketika Anda menggunakan aplikasi PeduliLindungi, maka harus rela dilacak oleh pemerintah. Aplikasi ini diaktifkan bersamaan dengan GPS, jadi history perjalanan Anda akan direkam.

 

PeduliLindungi bisa menyimpan dan menampilkan riwayat perjalanan Anda sebelumnya. Hal ini sangat membantu pemerintah dalam melakukan contact tracing dan tracking.

 

Jadi, siapa pun yang positif Covid-19 dan orang-orang yang pernah kontak dengannya akan ditemukan dengan mudah. Selanjutnya mereka diwajibkan untuk melakukan isolasi mandiri dalam waktu yang ditentukan.

8. Telemedisin

Fitur dan manfaat lainnya dari aplikasi PeduliLindungi adalah teledokter dan telemedisin. Maksudnya, Anda bisa konsultasi dengan dokter lalu mendapatkan obat dari jauh.

 

Anda tidak perlu datang lansgung ke tempat dokter, yang rawan bertemu dengan orang sakit. Dengan teledokter dan telemedisin, Anda akan lebih aman dari tertular Covid-19.

 

Teledokter dan telemedisin sendiri akan difasilitasi oleh aplikasi PeduliLindungi atau pihak ketiga. Semuanya legit dan terpercaya, Anda tidak perlu khawatir sama sekali.

9. e-Hac

Cara Isi e-Hac di Aplikasi Peduli Lindungi
Cara Isi e-Hac di Aplikasi Peduli Lindungi

Anda juga bisa membuat e-Hac atau electronic health alert card di aplikasi PeduliLindungi. Apa sih sebenarnya e-Hac itu?

 

Jadi, e-Hac adalah kartu kewaspadaan, yaitu formulir yang wajib diisi oleh pengguna yang ingin melakukan perjalanan. E-Hac ini nantinya bisa ditunjukkan ke petugas kesehatan di bandara kedatangan atau tujuan.

 

Hal ini sangat penting, karena petugas kesehatan akan tahu kondisi Anda. Ini demi menghentikan penyebaran Covid-19 di jalur penerbangan, yang memang sering lolos.

10. Sebagai Bukti untuk Mengakses Layanan Umum

Akses Fasilitas Publik dengan Aplikasi Peduli Lindungi
Akses Fasilitas Publik dengan Aplikasi Peduli Lindungi

Aplikasi PeduliLindungi bisa Anda manfaatkan sebagai syarat untuk mengakses layanan publik seperti:

 

  • Pusat perbelanjaan
  • Supermarket
  • Bioskop
  • Tempat wisata
  • Fasilitas olahraga
  • Transportasi umum
  • Area perkantoran
  • Dll.
 

Jangan heran, sekarang menggunakan aplikasi PeduliLindungi memang telah menjadi sebuah kewajiban. Khususnya bagi mereka yang sering atau butuh masuk ke berbagai tempat di atas.

 

Biasanya, tempat yang butuh akses PeduliLindungi akan menyediakan QR Code. Anda bisa memindai kode tersebut sebagai syarat masuk ke dalamnya.

 

Nantinya, PeduliLindungi akan menampilkan data tentang status vaksinasi Anda, kondisi kesehatan saat tertular Covid-19 dan riwayat kontak.

 

Setalah dipindai, akan muncul hasilnya apakah Anda boleh masuk atau mengakses fasilitas umum tersebut atau tidak. Hasil scan sendiri ada 3, yaitu:

 

  • Warna hijau: maksudnya pengguna boleh masuk.
  • Warna kuning: artinya petugas akan melakukan verifikasi ulang.
  • Warna merah/hitam: pengguna tidak boleh/diizinkan masuk.
 

Sebagaimana sudah diulas lengkap oleh Sebuahutas.com, PeduliLindungi memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk cek dan download sertifikat vaksin. Sertifikat vaksin dibutuhkan ketika Anda harus ke tempat tertentu yang mengharuskan pengunjung untuk vaksin terlebih dahulu.

Sumber referensi:

Leave a Comment