Bentang Umum Adalah: Pengertian Secara Umum di Indonesia

Indonesia adalah negara yang Indah dengan bentang alam yang sangat beragam. Sebagai negara dengan iklim tropis dan berada di garis khatulistiwa, Indonesia memiliki kekayaan alam yang luar biasa. Mulai dari gunung, laut yang indah, lembah, gua, air terjun semuanya ada di Indonesia.

Tapi apakah Anda sudah mengenal dengan baik negara kita ini? Atau jangan-jangan masih belum tau apa saja bentang alam di Indonesia? Jika demikian, tidak perlu khawatir karena pada kesempatan kali ini kami akan mengajak Anda untuk mengenal bentang alam Indonesia lengkap dengan pembagian dan contohnya.

Daftar Bentang Alam Indonesia

Pembagian 7 Bentang Alam Indonesia
Pembagian 7 Bentang Alam Indonesia

1. Pegunungan

Pegunungan adalah sebuah dataran yang letaknya relatif lebih tinggi dibandingkan dengan dataran lainnya. Dataran ini umumnya terbentuk dari barisan gunung dengan ukuran kecil hingga besar. Indonesia sendiri memiliki banyak pegunungan yang membentang dari Sabang sampai Merauke.

Beberapa contoh pegunungan yang ada di Indonesia antara lain ada Pegunungan Kapur Utara, Pegunungan Serayu Selatan, Pegunungan Bandung, Pegunungan Bogor, Pegunungan Tengger, Barisan Sudirman, Pegunungan Tinggi Barui, Pegunungan Kapuas Hulu, dan masih banyak lagi.

Pegunungan Bromo Indonesia Jawa Timur
Pegunungan Bromo Indonesia Jawa Timur

Udara yang sejuk dan pemandangan yang indah membuat banyak pegunungan dimanfaatkan sebagai tempat wisata.

2. Pulau

Seperti yang diketahui Indonesia adalah negara kepulauan yang tentunya memiliki ribuan pulau. Dari luas Indonesia yang mencapai 1.916.906,77 km2, Indonesia tercatat memiliki 16.056 pulau. Termasuk 5 pulau terbesar di antaranya Pulau Sumatera, Kalimantan, Jawa, Sulawesi, dan Papua.

Di antara kelimanya, pulau terbesarnya adalah Papua. Hanya saja yang masuk wilayah Indonesia hanya seluas 418.707,7 km2 saja. Sedangkan yang kedua ada Kalimantan dengan luas 743.330 km persegi yang berbagi wilayah dengan Malaysia.

Pulau terluas ketiga ada Sumatera dengan luas mencapai 473.600 km persegi. Pulau ini sendiri memiliki luas yang hampir mendekati luas Inggris Raya. Sedangkan yang keempat ada Pulau Sulawesi dengan luas 174.600 km persegi.

Indonesia Daerah Kepulauan
Indonesia Daerah Kepulauan

Terakhir, ada Pulau Jawa yang juga termasuk pulau paling padat di Indonesia dengan luas 128.297 km persegi. Meskipun ada di peringkat terakhir 5 besar pulau terbesar di Indonesia, namun Pulau Jawa merupakan pulau paling padat dan pusat perekonomian serta pemerintahan di Indonesia.

3. Gunung

Indonesia adalah rumah bagi gunung-gunung indah. Anda bisa menemukan banyak gunung eksotis yang bisa didaki dan dinikmati keindahannya dari atas. Salah satu yang paling eksotis yaitu Gunung Bromo yang terletak di Jawa Timur. Untuk menikmatinya Anda bahkan tidak perlu mendaki.

Sedangkan untuk gunung tertinggi di Indonesia adalah Puncak Jayawijaya di Papua. Gunung ini memiliki ketinggian 4.884 mdpl dan bahkan memiliki salju sendiri di puncaknya. Sangat unik, bukan?

Selain itu, ada juga Gunung Semeru yang merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa. Gunung ini merupakan favorit para pendaki selain karena jalurnya yang menantang, pemandangan yang ditawarkan sepanjang pendakian sangatlah eksotis. Gunung ini bahkan memiliki film yang sangat populer yaitu 5 CM.

Masih banyak gunung-gunung lain di Indonesia yang tentunya tak kalah eksotis seperti Gunung Rinjani, Gunung Merbabu, Gunung Sanggar, Gunung Slamet, dan lain-lain.

4. Laut

Sebagai negara maritim, tentunya Indonesia memiliki banyak laut yang mengelilingi pulau-pulau. Hal ini juga yang mempengaruhi mata pencaharian sebagian besar masyarakat Indonesia sebagai nelayan dan melimpahnya persediaan hasil laut di negara ini.

Indonesia Kaya Akan Pantai Eksotik
Indonesia Kaya Akan Pantai Eksotik

Beberapa contoh laut paling terkenal di Indonesia di antaranya ada Laut Jawa yang letaknya di antara Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi. Ada juga Laut Sawu yang berada di gugusan Pulau Nusa Tenggara Timur, Laut Flores yang mengitari Pulau Flores, dan masih banyak lagi.

5. Selat

Pulau-pulau yang berhimpitan membuat Indonesia memiliki banyak selat. Selat sendiri adalah bagian laut yang dihimpit oleh dua pulau besar. Hal ini membuat selat seringkali dilalui oleh kapal penyebrangan atau bahkan dibangun jembatan jika memungkinkan seperti yang terjadi di selat Madura.

Beberapa selat yang ada di Indonesia adalah Selat Madura, Selat Bali, Selat Sunda, Selat Bangka, Selat Lombok, Selat Alor, Selat Sape, Selat Malaka, dan lain-lain.

6. Dataran Rendah

Selain pegunungan dan dataran tinggi, Indonesia juga memiliki banyak sekali dataran rendah. Dataran ini ditandai dengan tingginya yang relatif rendah dari permukaan laut. Biasanya suhu udara di dataran rendah relatif lebih tinggi jika dibandingkan dengan dataran yang lebih tinggi.

7. Sungai

Di daftar terakhir, kita punya sungai yang mengalir di banyak daerah di Indonesia. Sungai-sungai ini bahkan menjadi anugrah tersendiri bagi masyarakat di sekitarnya karena mendatangkan banyak manfaat jika dirawat dengan baik.

Beberapa sungai terkenal di Indonesia antara lain ada Sungai Bengawan Solo, Sungai Kapuas, Sungai Mahakam, Sungai Musi, Sungai Citarum, Kali Progo, dan lain-lain.

Jembatan Ampera Melewati Sungai Musi Di Palembang
Jembatan Ampera Melewati Sungai Musi Di Palembang

Beragamnya bentang alam di Indonesia sudah seharusnya dirawat dengan baik. Selain untuk menghindari bencana, menjaga alam juga menjaga generasi selanjutnya. Jangan mewarisi bencana kepada anak cucu dan biarkan mereka menikmati alam yang tetap lestari.

Sumber referensi:

Leave a Comment