Ini 10 Jenis Desain Logo Futuristik Abad 21

Tren desain logo dari waktu ke waktu senantiasa mengalami perubahan. Setiap masa juga memiliki keunikan tersendiri. Logo-logo yang tren di tahun 2000-an atau abad 21 pun memiliki ciri khasnya tersendiri.

Apabila Anda bekerja sebagai seorang desainer logo, artikel ini wajib Anda baca. Pasalnya, Anda perlu harus selalu up to date dengan tren logo untuk menghasilkan desain yang futuristik dan kekinian. Logo sendiri mencerminkan brand terkait sehingga harus dibuat dengan baik tidak boleh ketinggalan zaman.

Jenis Logo Futuristik

Ini 10 Jenis Logo Futuristik
Ini 10 Jenis Logo Futuristik

Dalam kesempatan ini, Anda akan mengenal jenis-jenis logo yang menjadi tren di abad ke-21 ini. Tanpa berlama-lama, berikut ini ulasan dari Imaji untuk menambah khasanah desain kreatif Anda:

  1. Minimalis

Desain logo minimalis bisa dibilang paling mendominasi tren belakangan ini. Tak hanya logo, desain grafis secara umum pun sedang didominasi oleh gaya minimalis atau sederhana.

Kembali ke pembahasan soal logo, banyak sekali perusahaan yang mendesain logonya menjadi lebih minimalis. Sebut saja perusahaan internet Yahoo yang sudah melakukan perubahan pada logonya. 

Sebelumnya, mereka menggunakan logo menggunakan font jenis serif. Penataan huruf di logo lama pun sengaja dibuat sedikit acak. Di logo barunya, Yahoo menggunakan font jenis san serif dan setiap hurufnya dibuat berjajar dengan rapi.

Hal serupa pun dilakukan oleh perusahaan yang bergerak di bidang pemesanan tiket dan penginapan online, Skyscanner. Mereka mengubah gambar pada logonya dengan desain yang lebih flat dan mengubah font menjadi lebih minimalis.

  1. Geometri Sederhana

Sejak akhir 2019 hingga 2021 ini, banyak desainer yang memanfaatkan bentuk dari bangun-bangun datar dalam penciptaan logo. Contohnya bentuk lingkaran, segitiga, bujur sangkar, dan sebagainya.

Logo jenis ini memang sengaja dibentuk berdasarkan bangun-bangun geometri tanpa banyak melakukan perubahan. Karena bentuknya yang cenderung kaku, desainer memberikan sentuhan yang lebih berani dalam segi pewarnaan.

Oleh karena itu, banyak sekali logo-logo yang berbentuk geometri memiliki warna mencolok. Selain itu, layering juga banyak dimainkan pada logo ini untuk menciptakan kesan yang unik.

  1. Gradien

Jenis logo gradien sebenarnya bertolak belakang dengan konsep minimalis. Di logo jenis minimalis, desainer umumnya hanya menggunakan satu warna. Namun, berbeda dengan jenis logo gradien yang setidaknya menggunakan dua jenis warna.

Anda dapat melihat logo jenis pada brand marketplace ternama, Lazada. Mereka menggunakan dua buah warna, yaitu oranye dan ungu yang ditampilkan dengan model gradasi.

  1. Huruf Geometris

Kombinasi antara bentuk-bentuk geometris dan teks menghasilkan sebuah gaya desain logo baru. Namanya adalah huruf geometris. 

Desainer yang menggunakan konsep ini sering memainkan bentuk geometris hingga membentuk huruf tertentu. Huruf-huruf yang dibuat menggunakan unsur geometris tampak lebih mencolok dibanding teks biasa.

  1. Emblem

Desain logo berbentuk emblem sudah dikenal sejak beberapa dekade lalu. Di tahun 2021, logo emblem masih tetap eksis dengan bentuk yang lebih disederhanakan. Jadi, desainnya sekarang lebih mengarah ke emblem minimalis.

  1. Scaling

Scaling sempat populer pada 2019. Desain jenis ini sengaja memberikan penekanan pada bagian tertentu di sebuah logo. Caranya juga cukup beragam, mulai dari membedakan ukuran font, ketebalan font, serta warna.

  1. Font yang Tidak Biasa

Font merupakan elemen yang sangat penting dalam sebuah desain logo. Desainer masa kini tak perlu bingung karena jenis-jenis font selalu bertambah setiap harinya. 

Berbicara soal font. logo-logo yang futuristik di abad 21 banyak menggunakan jenis font yang tidak umum. Tak sedikit brand yang menggunakan logo menggunakan font jenis pixel, handwritten, dan sebagainya. Pemilihan font yang unik dapat menjadi satu ciri khas tersendiri bagi sebuah brand.

  1. Teks yang Dihancurkan

Masih berhubungan dengan teks, desain jenis ini sengaja menghilangkan beberapa bagian dari teks. Tujuannya adalah untuk menciptakan ciri khas atau keunikan dalam sebuah logo. Desain logo seperti ini dapat menjadi teka-teki tersendiri bagi orang yang melihatnya.

  1. Berantakan

Satu lagi jenis desain logo yang cukup unik namun futuristik adalah berantakan. Desainer membuat logo dengan banyak elemen sekaligus yang disusun tumpang tindih. Meski begitu, semua orang masih dapat mengenali brand dalam logo tersebut dengan sangat jelas.

Salah satu brand yang menggunakan konsep logo ini adalah Zara. Mereka hanya menggunakan teks yang disusun saling bertumpuk satu sama lain di ujungnya. 

  1. Penataan Kacau

Desain logo ini masih memiliki kaitan dengan jenis logo yang telah dibahas sebelumnya. Namun, desain logo ini jauh lebih kacau. Desainer tak hanya menggunakan banyak elemen yang saling bertumpuk. 

Mereka menyusun seluruh elemen di logo dalam penataan yang tidak biasa, misalnya brand fashion Desigual. Mereka membuat logo yang minimalis namun susunan hurufnya dibuat terbalik.

Desain logo yang futuristik di abad 21 didominasi oleh bentuk-bentuk yang geometris dan sederhana. Font yang dipilih pun tidak neko-neko dan cenderung lebih mudah dibaca oleh semua orang. 

Leave a Comment